mount-tambora

5 Destinasi Wisata yang “Ngetren” Di Tahun 2015

Kondisi menguatnya mata uang dollar AS terhadap rupiah menjadi “kesempatan” manis bagi pariwisata Indonesia. Wisatawan nusantara jadi lebih memilih untuk melancong di dalam negeri.
Tambahan lagi, semakin menguatnya penggunaan media sosial di kalangan orang Indonesia. Media sosial selama ini memang terbukti ampuh mempromosikan suatu destinasi wisata.
Beragam destinasi wisata anti-mainstream di Indonesia pun bermunculan. Berikut beberapa destinasi wisata di Indonesia yang tergolong “baru” dan mulai naik daun pada tahun 2015.

  1. Sumbawa
    Momentum “Tambora Menyapa Dunia” berhasil membuat pandangan wisatawan Indonesia melirik ke Pulau Sumbawa. Sebuah pulau yang kalah tenar dengan saudaranya, Pulau Lombok. Padahal keduanya sama-sama berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.sumbawaAcara “Tambora Menyapa Dunia” sendiri diselenggarakan dalam rangka peringatan dua abad letusan Gunung Tambora (meletus pada April 1815). Saat acara tersebut berlangsung, Pulau Sumbawa tepatnya di kawasan Gunung Tambora begitu ramai dan meriah.
    Gunung tersebut pun ditetapkan sebagai taman nasional. Presiden Jokowi sendiri berharap setelah “Tambora Menyapa Dunia”, Festival Tambora dapat berlangsung setiap tahun dalam rangka mempromosikan pariwisata Sumbawa.
    Selain Gunung Tambora, Pulau Sumbawa menyimpan potensi wisata yang memukau. Sebut saja Pulau Satonda, Pulau Kenawa, dan Pulau Moyo. Wisata alam dan budaya menjadi andalan Sumbawa.
  2. Banyuwangi
    Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam lima tahun belakangan serius menggarap sektor pariwisatanya. Banyuwangi yang berada di Provinsi Jawa Timur, selama ini hanya dipandang sebagai daerah perlintasan untuk menyeberang ke Pulau Bali.Kawah-Ijen-BanyuwangiSalah satu cara promosinya adalah setiap bulan rutin dilangsungkan festival wisata. Tahun ini, Banyuwangi bagai tengah mulai memanen hasil jerih payah promosi pariwisata selama bertahun-tahun.
    Beberapa destinasi di Banyuwangi pun menjadi incaran pelancong Indonesia, terutama di kalangan anak muda.
    Obyek wisata andalan seperti Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran, kerap menjadi favorit di kalangan trip organizer yang menjual paket wisata dengan harga terjangkau. Selain itu, obyek wisata lainnya adalah Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Teluk Hijau, Pulau Tabuhan, Air Terjun Lider, Pantai Watu Dodol, dan Pantai Plengkung.
  3. Wakatobi
    Wakatobi memang sudah dikenal lama di antara pelancong Indonesia. Sayangnya masih terbatas di kalangan para penyelam. Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara tersebut dipandang sebagai surga wisata bahari.
    Kawasan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi masuk dalam segitiga karang dunia. Wakatobi memiliki 25 gugusan terumbu karang dengan keliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 kilometer.wakatobi-1Namun, Wakatobi lebih dari sekadar lokasi diving yang memukai. Wakatobi juga menawarkan wisata budaya yaitu kunjungan ke Suku Bajo dan wisata laut seperti pengamatan lumba-lumba.
    Tahun ini, pemerintah setempat terus gencar mempromosikan Wakatobi. Apalagi, Pelni pada tahun 2015 menawarkan paket tur ke Wakatobi dengan harga terjangkau. Wakatobi pun kini menjadi destinasi wisata bagi semua pelancong pencinta laut Indonesia.
  4. Pulau Komodo
    Ketenaran Pulau Komodo mengalami kejayaan beberapa tahun silam. Namun, pelancong Indonesia kini kembali menjelajahi kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Ada banyak obyek wisata baru yang mulai terkenal di tahun 2015.Wisata-Pulau-KomodoPulau Padar dan Gili Laba merupakan dua destinasi yang naik daun pada tahun ini. Keduanya berada di kawasan Taman Nasional Komodo. Sebelumnya, wisatawan biasanya melancong di Pulau Komodo dan Pulau Rinca.
    Namun Pulau Padar dan Gili Laba yang tenar berkat media sosial makin ramai dikunjungi. Ke kedua pulau ini wajib mendaki ke atas bukit. Di sana panorama elok kombinasi lautan biru dan hijau, gugusan pulau karang berbukit, serta sabana, memenuhi mata.
  5. Gunung Kidul
    Yogyakarta merupakan destinasi wisata favorit di Indonesia. Namanya sudah tenar hingga ke wisatawan mancanegara. Uniknya, provinsi ini selalu menyajikan destinasi-destinasi baru untuk dijelajahi.
    Salah satunya adalah Kabupaten Gunungkidul yang sejak lama dikenal memiliki pantai-pantai menawan yang berjejer dari timur ke barat. Salah satu yang mulai terkenal adalah Pantai Gesing, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Timang.Pantai Gesing GunungkidulNamun, kabupaten ini juga menawarkan banyak hal selain pantai, yaitu kawasan pegunungan Sewu berupa pegunungan karst, yang di dalamnya terdapat goa dan sungai bawah tanah. Coba jelajahi goa-goa seperti Goa Pindul dan Goa Jomblang.
    Pilihan lain adalah wisata ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Hampir semua obyek wisata di Gunungkidul dikelola langsung oleh masyarakat setempat. Pun begitu dengan obyek wisata yang baru-baru membuat heboh di kalangan pelancong, yaitu kebun bunga amaryllis di Patuk.

Sumber Klik Disini

About the Author

Profile photo of dolanbareng

By dolanbareng / Administrator, bbp_keymaster

Follow dolanbareng
on Dec 29, 2015

No Comments

Leave a Reply