candi abang]

Bukan Bromo, Ini Bukit Teletubbies di Sleman

Mau memotret pemandangan di DI Yogyakarta ala Bukit Teletubbies? Datang saja ke Candi Abang di Sleman.
Liburan sambil berburu foto di tempat yang unik serta fotogenik pastilah menyenangkan. Kalau sedang jalan-jalan di DI Yogyakarta, spot yang wajib dikunjungi untuk hunting foto adalah Desa Wisata Candi Abang. Di sana, ada sisa-sisa bangunan Candi Abang yang membentuk seperti bukit.

Candi Abang berlokasi di Desa Wisata Candi Abang, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Candi dibangun zaman Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad ke-9 dan 10.
Candi didirikan di atas bukit dengan batubata merah dan berbentuk seperti piramida, ada pula sumur di bagian tengahnya. Dalam bahasa Jawa, merah adalah abang, maka bangunan tersebut dinamakan Candi Abang. Ukuran alasnya sekitar 36×34 m, namun tingginya belum dapat diperkirakan.

Tidak banyak catatan sejarah tentang Candi Abang. Seiring dengan berjalannya waktu, bangunan Candi Abang pun mulai lapuk dan tertimbun tanah hingga terlihat seperti sebuah bukit. Rerumputan juga tumbuh dipermukaan tanah dan bentuk candi pun hampir tak terlihat lagi.

Bukit tersebut cukup landai dan tak sedikit yang menyebutnya mirip dengan Bukit Teletubbies. Saat musim penghujan tiba, rumput akan tampak hijau nan asri. Namun saat musim kemarau, biasanya rerumputan akan tampak kecoklatan.

Candi Abang ini seringkai ramai oleh wisatawan yang ingin foto-foto. Berbagai sisinya memang indah untuk diabadikan dalam kamera. Selain itu, biasanya ada banyak warga setempat yang menggembala domba-domba menggemaskan di sekitar candi dan bagus juga untuk objek foto.

Dari puncak bukit akan terlihat pemandangan desa yang indah. Sawah-sawah serta pepohonan menjadi panorama cantik untuk dipotret. Kalau sudha puas foto-foto, wisatawan juga bisa duduk santai di sekitar candi sambil menikmati alam dan udara segar.

Agar traveler bisa hunting foto lebih maksimal, sebaiknya datang di pagi hari saat langit tampak biru teduh dan udara masih sejuk. Dari parkiran kendaraan menuju Candi Abang, traveler harus berjalan kaki sekitar 200 m. Jadi jika datang di siang hari, butuh perjuangan lebih karena panas terik yang menerpa.

Sumber Klik Disini

About the Author

Profile photo of dolanbareng

By dolanbareng / Administrator, bbp_keymaster

Follow dolanbareng
on Jan 22, 2016

No Comments

Leave a Reply