pulau bawean

Wisata Bawean, dari Keindahan Taman Laut hingga Binatang Endemik

Pulau Bawean, yang masuk kedalam wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kini mempunyai akses baru. Tidak perlu menunggu tiga jam perjalanan laut, kini Bandara Harun Tohir Bawean resmi beroperasi pada Sabtu (30/1/2016).
Semakin mudah untuk berwisata ke pulau yang dinilai mempunyai potensi seperti Bali dan Bunaken ini. Sebelum ada penerbangan, pengunjung harus menempuh laut selama 3-8 jam. Bahkan jika ombak besar, maka jadwal kapal ke dan dari Bawean bisa tertunda empat sampai lima hari.
Dengan adanya penerbangan, tentu memudahkan wisatawan untuk menikmati pesona pulau mayoritas dihuni wanita ini. Saatnya Anda mencoba eksotika keindahan pantai, budaya hingga flora faunanya.

Pulau Bawean merupakan gugusan kepulauan yang berjarak sekitar 120 Km ke utara jika dihitung dari Kabupaten Gresik. Dengan luas 196 km persegi, pulau ini memiliki daya tarik pariwisata yang luar biasa.
Pasir putih terhampar di hampir semua pantainya, termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya. Anda dapat melihat matahari terbenam atausunset terbaik dari berbagai sudut pulau. Belum lagi keindahan bawah laut yang mengagumkan, tak heran hampir semua pantainya memiliki spot snorkeling. Bosan dengan wisata pantai dan laut, anda bisa mengeksplor daratan yang hanya terdiri dari 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Terdapat danau air  tawar yang  eksotis  karena  bisa  berubah  warna  sesuai  musim, juga air terjunnya dengan ketinggian 10 meter.
Di Bawean terdapat spesies rusa endemik yang dilindungi, yaitu Axis Kuhli. Saat ini jumlah rusa Bawean diperkirakan tinggal 400 hingga 600 ekor, tentunya Anda dapat mengunjungi penangkarannya yang terletak di sebuah lembah terpencil.
Khawatir dengan kebutuhan perut? Bawean merupakan salah satu pulau yang melimpah hasil lautnya. Anda akan ditawarkan banyak kulinerseafood, seperti ikan segar, termasuk lobster hijau bambu khas Bawean. Juga kuliner olahannya seperti kocok-kocok alias fish cake, baso ikan dan sambal Bawean yang akan mengoyak lidah anda.
Uniknya mayoritas pulau ini adalah perempuan, karena para laki-laki banyak yang merantau ke negeri Jiran. Pulau ini memang terkenal, akan perantaunya yang sukses di Singapura ataupun Malaysia.
Semakin penasaran dengan pulau ini, saatnya mencoba kemudahan yang ditawarkan bandara baru. Jika dari Jakarta, anda bisa menggunakan transportasi darat maupun udara terlebih dahulu ke Surabaya.
Dengan biaya Rp 302.200 anda bisa menyeberang dari Surabaya ke pulau Bawean menggunakan pesawat Air Fast Indonesia, jenis twin otter, yang berpenumpang 12 hingga 18 orang.
Setelah sampai di sana, Anda harus berkunjung ke beberapa tempat terbaik di Pulau Bawean seperti:
  1. Semenanjung
    Tanjung yang terkenal di Pulau Bawean ialah Tanjung Gaang atau Gheén. Tempat ini merupakan daratan yang menjorok ke laut, bertembok tebing-tebing karang yang indah. Sangat cocok untuk jalan-jalan di sore hari, dengan menaiki perahu kecil milik nelayan, ditutup dengan sunset di pantainya. Selain menaiki perahu, Anda dapat menikmatinya dengan berjalan langsung di atas karang-karang tersebut. Mempunyai kontur seperti perbukitan, diatasnya carilah sunset spot yang selama ini anda fantasikan.

    tanjung gaang

    Tanjung Gaang, Dok. Google.com

  2. Danau
    Satu-satunya danau di Pulau Bawean, berada di tengah-tengah pulaunya ialah Danau Kastoba. Terletak di desa Paromaan Candi, Kecamatan Tambak, Anda dapat menempuh satu setengah jam perjalanan melewati jalan lingkar Bawean. Lokasinya yang berada di atas bukit, membuat Anda perlu mendaki setelah menitipkan kendaraan di tempat parkiran.
    Dengan trekking kurang lebih satu kilometer atau 25 menit naik ke puncak bukit, Anda langsung disuguhi keindahan panorama alam yang sejuk, hening nan damai. Saking jernihnya, ikan-ikan di pinggir danau akan terlihat dari atas permukaan air.  Anda dapat beristirahat di pendopo yang ada di sana. Atau berenang di air yang jernih. Konon berenang di sana bisa membuat awet muda. Destinasi wisata ini merupakan cagar alam sejak 1979, oleh karena itu sangat dijaga keindahan dan keasriannya.

    danau kastoba

    Danau Kastoba, Dok. Google.com

  3. Pulau-pulau dan Pantainya
    Terdapat dua pulau istimewa di sekitar Pulau Bawean. Pertama, Gili (timur), pulau yang berada di sebelah timur Bawean ini merupakan pulau terluas dan paling banyak penghuninya dibanding yang lain.
    Setiap hari, dari pagi hingga sore ada kapal yang menyeberang mengangkut warga Pulau Gili yang mau ke Bawean untuk belanja atau keperluan lainnya.
    Kedua, Pulau Noko atau Gili Noko. Untuk pecinta bawah laut, Noko adalah pilihan yang tak akan mengecewakan. Karena selain pesona pasir putih, pulau ini dikelilingi oleh taman laut dengan bunga karang dan ikan hias aneka warna. Pulau ini disebut-sebut memiliki taman laut seindah Bunaken yang sudah tersohor.

    Pulau ini tidak jauh dari Bawean, dapat terlihat dari bukit-bukit di sekitar pantai bawean, bentuknya yang memanjang berisikan pasir putih dan rerumputan, sungguh menawan dipandang dari atas. Untuk menuju pulau yang tanpa penghuni ini, Anda ukup membayar sewa perahu Rp 35.000 per orang diantar dari dermaga Desa Sidogedung.

    pulau-noko-bawean

    Pulau Nogo atau Gili Noko, Dok. Google.com

    Terakhir, pantai indah nan unik yang perlu Anda sambangi ialah Pantai Kuburan Panjang. Pantai ini memiliki dua sisi yang terpisah daratan. Di satu sisi ombaknya yang tenang, sementara di sisi satunya dengan ombak yang kencang.
    Seperti namanya, pantai ini memiliki situs kuburan sepanjang 12 meter. Masyarakat percaya, kuburan panjang tersebut adalah kuburan dari para pengawal Aji Saka di Bawean. Karena nilai historisnya, kuburan ini dikeramatkan oleh masyarakat Bawean.Setelah menentukan tujuan, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan, yaitu jika Anda ingin membuktikan keindahan taman lautnya anda perlu membawa alat snorkel sendiri, karena belum semua pantai memiliki penyewaan. Namun, di pantai-pantai Pulau Bawean anda bisa menyewa alat snorkel seharga Rp 50.000.

terumbu-karang-34

Keindahan Taman Laut Pulau Bawean, Dok. Google.com

Untuk transportasi di sana, masih minim, terutama angkutan umum. Sehingga selain Anda bisa membawa motor sendiri di kapal feri, juga dapat menyewa sepeda motor mulai dari Rp 45.000 hingga Rp 60.000. Di sini juga Anda dapat menyewa kendaraan roda empat beserta sopirnya sebagai guide dengan biaya sekita Rp 550.000.

Fasilitas penginapan di sana sudah cukup banyak, dari mulai cottage-cottage, motel, hingga hotel dengan tarif Rp 250.000 semalam.
Posted In:

About the Author

Profile photo of dolanbareng

By dolanbareng / Administrator, bbp_keymaster

Follow dolanbareng
on Feb 02, 2016

No Comments

Leave a Reply